Minggu, 11 Juni 2017

gaya dan aliran seni lukis

A. Representatif


     Representatif disini adalah perwujudan gaya seni rupa yang menggunakan keadaan nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. Gaya seni rupa yang termasuk dalam representatif adalah :
  • Naturalisme, yaitu aliran seni lukis yang penggambarannya alami atau sesuai dengan keadaan alam. Pelukis yang beraliran naturalisme antara lain, Basuki Abdullah, Abdullah Suryobroto, Mas Pringadi, Wakidi, Rubens, William Bliss Baker, Constabel, dll.
Lukisan "Kakak dan Adik" karya Basuki Abdullah

  • Realisme, yaitu aliran seni lukis yang memandang dunia ini tanpa ilusi, apa adanya tanpa menambah atau mengurangi objek, penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup. Pelukis yang beraliran ini antara lain, Trubus, Wardoyo, Tarmizi, S. Sudjojono, Dullah, dll.
Lukisan karya Trubus Soedarsono

  • Romantisme, yaitu aliran seni lukis yang lebih bersifat imajiner, melukiskan cerita-ceritta yang romantis, peristwa yang dahsyat, atau kejadian yang dramatis. Pelukis yang beraliran ini antara lain, Raden Saleh, Francisco Goya, dan Turner.
sumber : poskotanews.com
Lukisan "Penangkapan Diponegoro" karya Raden Saleh


B. Deformatif
     Deformatif disini adalah perubahan bentuk dari aslinya sehingga menghasilkan bentuk baru, tetapi tidak meninggalkan bentuk dasar aslinya. Gaya seni rupa yang termasuk dalam deformatif adalah :
  • Ekspresionisme, yaitu aliran seni lukis yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa sang pelukis yang spontan saat melihat objek karyanya. Pelukis yang beraliran seperti ini contohnya, Vincent van Gogh dan Affandi.
sumber : en.wikipedia.org
Lukisan "The Starry Night" karya Van Gogh

  • Impresionisme, yaitu aliran seni lukis yang penggambarannya sesuai dengan kesan saat objek tsb dilukis. Pelukis yang termasuk dalam aliran ini adalah Claude Monet, Georges Seurat, Paul Cezanne, Paul Gauguin, dan S. Sudjojono.
Lukisan "Water Lilies" karya Claude Monet

  • Surealisme, yaitu aliran seni lukis yang penggambarannya menyerupai bentuk-bentuk yang sering terjadi di dalam mimpi. Pelukis yang beraliran ini antara lain Salvador Dali.
sumber : www.wikiart.org
Lukisan "The Persistence of Memory" karya Salvador Dali

  • Kubisme, yaitu aliran seni lukis yang penggambarannya berupa bentuk-bentuk dasar geometri seperti kotak. Pelukis yang beraliran ini antara lain Pablo Picasso, But Mochtar, Srihadi, Fajar Sidik, dan Mochtar Apin.
sumber : en.wikipedia.org
Lukisan "Three Musicians" karya Pablo Picasso

C. Nonrepresentatif
       Nonrepresentatif adalah suatu aliran seni lukis yang penggambarannya dengan bentuk yang sulit untuk dikenali atau dengan kata lain bersifat abstrak. Pelukis beraliran ini antara lain, Amry Yahya, Fajar Sidik, But Mochtar, Sadali, dan Jackson Pollock.


Lukisan karya Jackson Pollock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seni Grafis SMT 2

Pengertian Seni Grafis, Sejarah, Ragam Jenis Dan Contoh Seni Grafis Terlengkap By Si Manis Posted on April 2, 2017 Pengertian Seni G...